rss

Supports

Just an ordinary blogger from urban city bekasi who want to be exist in cyberworld during learn and know bout blog also understanding internet world so i can share, study together in ensiblogpedia. Hanya seorang blogger biasa dari kota urban Bekasi yang berkeinginan untuk bisa eksis di dunia maya sambil belajar dan mengenal blog serta memahami dunia internet untuk bisa berbagi bercerita dan belajar bersama di ensiblogpedia ini.

Saturday 2 January 2010

Panduan membuat blog di blogger

Saya akan menjelaskan bagaimana caranya membuat blog gratis. Blog provider yang saya gunakan adalah Blogger, penyedia layanan blog milik Google yang gratisan dapat kamu gunakan sebagai media untuk ngeBlog yang terbilang apik dan selalu berkembang.
Langkah pertama kamu wajib memiliki keanggotaan di Google, bagi yang belum tahu caranya membuat akun Google silahkan Klik disini. Cara membuat blog pada Blogger adalah sangat mudah, silakan buka alamat http://www.blogger.com.


Saran saya adalah langsung memasukkan Email GMail dan Password kamu pada bagian Form Login. Pada langkah ini kamu wajib telah memiliki keanggotaan di Google. Jika kamu ingin menggunakan e-mail lain silakan masukkan pada bagian yang diminta.


Setelah kamu login, maka kamu akan dibawa ke halaman penamaan untuk blogger bukan penamaan untuk blog yang kamu buat, kamu akan bisa melihat perbedaannya nanti. Kamu juga bisa merubah penamaan blogger di bagian pengaturan nantinya bersama dengan biodata lainnya.


Setelah kamu mengisi kolom pendaftaran seperti gambar diatas, selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman pembuatan blog seperti gambar dibawah.


Kalau kamu tidak ingin membuat blog saat itu juga, kamu bisa megklik "Lewati ini dan buat blog nanti". Mari kita lanjut dengan asumsi kamu sudah tidak sabar ingin membuat blog. Mengenai penamaan, judul blog adalah nama dari blog kamu dan alamat blog (url) adalah protokol yang nanti digunakan untuk mengakses blog kamu.
Dalam contoh saya akan ciptakan sebuah blog yang berhubungan dengan ensiklopedia. Saya memasukkan “blog resia” sebagai judul blog dan “ensiblogpedia” sebagai alamatnya. Oppss, ternyata alamat “ensiblogpedia.blogspot.com” telah digunakan orang lain. Jangan memaksa! kamu tidak dapat menggunakan alamat tersebut, lihatlah di bagian bawah Blogger merekomendasikan penamaan blog kamu. Kalau tetap tidak cocok silahkan pikirkan nama yang sesuai dengan keinginanmu sendiri.

Selanjutnya adalah menentukan desain blog kamu inginnya seperti apa. Blogger telah membuat beberapa template atau tema yang bisa langsung dipilih. Belum cocok dengan pilihan yang ada? silakan pilih terlebih dahulu sebuah template, nantinya kita dapat mengubahnya.


Wow… selamat! kamu sudah memiliki sebuah blog. Mulailah NgeBlog saat ini juga, jika belum siap silakan kumpulkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti foto, referensi tulisan, video dan lain sebagainya. Kapanpun kamu siap mulailah mengakses blog kamu pada alamat tersebut dengan cara menyimpannya menggunakan fasilitas Bookmark/Favorit pada Browser kesayangan kamu.


Pada tulisan lain saya akan menjelaskan lebih lanjut bagaimana cara mengatur beberapa hal yang penting untuk melengkapi tampilan blog kamu agar sesuai dengan keinginan.



Related Post:



Enter your email address to get the newest article here:



Delivered by FeedBurner


1 comments:

Admin on 26 February 2024 at 01:32 said...

Membuat website bisnis adalah investasi penting untuk menghadapi era digital ini. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa website tidak hanya hadir secara online tetapi juga efektif dalam mencapai tujuan bisnis.

Dalam fungsi pembuatan web utama ini bekerja bersama-sama untuk menciptakan situs web efektif nan sukses. Dengan desain menarik nan responsif, pengguna akan tertarik untuk menjelajahi lebih dalam.

Keunggulan membangun website perusahaan bukan hanya sekadar trend, melainkan kebutuhan mutlak dalam ekosistem bisnis modern. Dari peningkatan keterjangkauan hingga peningkatan citra perusahaan, pembuatan website perusahaan memiliki peran yang tak terbantahkan dalam mengukuhkan kehadiran dan kesuksesan sebuah perusahaan di era digital.


Post a Comment

Saran, kritik, masukan, berikan semuanya ke ensiblogpedia agar blog ini dapat lebih maju untuk belajar bersama.

Add to Google

Enter your email address to get the newest article here:



Delivered by FeedBurner


Followers