rss

Supports

Just an ordinary blogger from urban city bekasi who want to be exist in cyberworld during learn and know bout blog also understanding internet world so i can share, study together in ensiblogpedia. Hanya seorang blogger biasa dari kota urban Bekasi yang berkeinginan untuk bisa eksis di dunia maya sambil belajar dan mengenal blog serta memahami dunia internet untuk bisa berbagi bercerita dan belajar bersama di ensiblogpedia ini.

Tuesday 5 January 2010

Pengaturan template blogger

Pernah melihat sebuah blog dari blogger dengan extensi namablog.blogspot.com tapi memiliki tampilan tidak seperti yang disediakan oleh blogger. Yups benar, kamu dapat memiliki sebuah blog dengan tampilan sesuai dengan keinginan kamu sendiri. Format templatenya adalah CSS (Cascading Style Sheet) dengan extensi XML (extensible Markup Language). Penjelasan tentang kedua hal diatas tidak saya jelaskan di dalam postingan ini, karena disini saya hanya akan menjelaskan bagaimana memasukkan template luar (bukan template asli blogger) menjadi template blog kamu.

Berikut langkah-langkahnya.
  • Login kedalam akun blogger kamu, masukkan ID dan password seperti biasa.
  • Setelah kamu masuk ke dalam menu, pilih tab menu "layout" atau "Tata Letak".
  • Disana kamu akan melihat menu seperti --Elemen Halaman, Huruf dan warna, Edit HTML, Memilih template--
  • Jika kamu ingin memilih template/tampilan dasar yang disediakan oleh blogger, silahkan masuk menu memilih template
  • Jika kamu ingin ingin memasukkan template pilihan kamu sendiri, masuk ke menu edit HTML (tentu saja kamu harus menyiapkan templatenya terlebih dahulu).
    • Lakukan langkah seperti pada gambar berikut (contoh saya menggunakan template onix.xml).
    • Setelah kamu mengupload file template xml tersebut, kamu akan diberikan peringatan jika ada gadget/widget yang akan dihapus. Jika menurut kamu berguna, simpan saja, jika tidak silahkan di delete.
  • Jika proses telah berhasil maka pasti template kamu sekarang sudah berubah, begitu juga dengan tab "elemen halaman". Selamat, kamu sudah memiliki template baru.

Jika kamu sudah bisa membuat template blogger sendiri, kamu bisa merubah tampilan sekehendak hati. Tapi jika belum kamu bisa memilih tampilan yang di sediakan di internet secara gratis. Berikut rekomendasi situs-situs penyedia template blogger gratisan yang biasa saya gunakan.

Kalau masih dirasa kurang, kamu bisa cari sendiri di mesin pencari seperti Google, Yahoo atau MSN.

Catatan: Postingan ini berlaku untuk blogger dengan template baru, bukan classic. Karena asumsi saya untuk para blogger baru, menu default yang disajikan merupakan menu template blogger baru.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba. ^^



Related Post:



Enter your email address to get the newest article here:



Delivered by FeedBurner


0 comments:


Post a Comment

Saran, kritik, masukan, berikan semuanya ke ensiblogpedia agar blog ini dapat lebih maju untuk belajar bersama.

Add to Google

Enter your email address to get the newest article here:



Delivered by FeedBurner


Followers